Rabu, 04 April 2012

Milad KAMMI 14

Stadium General KAMMI, Akankah Mengawali Sejarah Baru?

Asal muasal diadakannya Stadium General...

Siapa Mahasiswa?

Sudahkah Mahasiswa itu menjadi Mahasiswa?

Apa peran Mahasiswa?

Seperti apa kondisi Mahasiswa saat ini?

Berlandaskan beberapa pertanyaan itulah akhirnya setelah sukses dengan acara Go Clean, masih dalam rangka memperingati MILAD, KAMMI kembali melaksanakan acara. Jika sebelumnya yang menjadi sasaran adalah masyarakat umum, kini sasarannya terfokus pada mahasiswa. Seluruh Mahasiswa yang ada di Jember, tidak hanya kader KAMMI. Harapannya setelah kegiatan ini seluruh Mahasiswa yang ada di Jember mampu bekerjasama untuk membangun Jember ke arah yang lebih baik. Tidak saling mengungguli atau mengkritisi.

Stadium General, “Telaah Kritis Peran Mahasiswa dalam Membangun Jember Terbina” bersama Rektor Universitas Jember, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Ketua Umum KAMMI Daerah Jember.

Untuk pertama kalinya di Jember, Organisasi Ekstra Kampus membuat acara dengan mengundang Rektor dan Pemerintah Kabupaten sebagai pembicara. Akankah hadirnya kegiatan ini menjawab pertanyaan yang selama ini menjadi problematika?

Situasi dan Kondisi di tempat kegiatan...

Suasana BKKBN tampak ramai. Terlihat beberapa orang panitia telah siap dengan jobnya masing-masing. Ada yang ceck sound, jaga meja registrasi, dan menyiapkan konsumsi.

Pkl. 07.00 WIB sudah terlihat seorang peserta akhwat yang datang menghampiri meja registrasi. Subhanallah sekali bukan? Ternyata mereka sangat antusias sekali terhadap acara ini. Kami tidak tahu apa yang menjadialasan peserta mengikuti acara ini. Karena gratiskah, atau karena pematerinya luar biasa? Yang jelas, apapun alasannya kami benar-benar berharap semoga acara ini bisa berjalan sesuai dengan konsep yang telah direncanakan. Dengan panitia yang sedikit, kami berdoa semoga masih bisa bekerjasama dengan kompak.

Inilah kesempatan bagi KAMMI untuk unjuk rasa, menunjukkan kepada mereka siapa dan seperti apa KAMMI.

Pkl. 08.05 WIB jumlah peserta yang daftar hampir semuanya sudah datang. Kuranglebih delapanpuluh orang peserta memenuhi ruangan.

Sesuai kesepakatan sebelumnya dan untuk menunjukkan keprofesionalan, walaupun belum semua peserta datang, MC membuka acara.


Pkl.09.00 WIB salah satu pemateri yang telah ditunggu-tunggu akhirnya datang, Rektor Univ. Jember (Bpk. Moh. Hasan).

Beliau memasuki ruangan dengan penuh wibawa dan senyum yang tersungging dibibirnya.

Inilah intinya...

“Seorang Pemimpin adalah seseorang yang berani dan jujur” (komentar Ribut Hadi Sutrisno, KETUMDA KAMMI Jember).

“Untuk menyukseskan Jember terbina maka semua civitas akademika khususnya dan elemen masyarakat umumnya, harus bersatu, bersama, dan berkomunikasi dengan baik” (komentar Rektor UJ, Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D.).

“Lewat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), maka Mahasiswa dapat memajukan bangsa ini. Mereka dapat membuat program ataupun alat dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang ada untuk kepentingan bersama” (komentar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Drs. Muhammad Tamrin, M.M.)


Sebagai agent of change, Mahasiswa memiliki kewajiban untuk membuat Jember ini maju ke arah yang lebih baik. Tapi bagaimana mungkin Jember ini akan menjadi baik jika Mahasiswanya saja banyak yang tidak peduli? Jangankan untuk membangun Jember, untuk membangun diri sendiri saja Mahasiswa kesulitan. Jadi apa solusinya?

“Untuk membangun Jember terina maka harus dimulai dari dasarnya dulu. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, masyarakat, baru Negara. Ketika diri kita baik, maka kita dapat membawa keluarga kita menjadi baik juga. Ketika keluarga sudah baik, maka kita juga bisa memengaruhi masyarakat. Ketika masyarakatpun sudah baik, maka tidak akan sulit untuk membuat Negara ini menjadi baik.” Itulah komentar KETUMDA KAMMI Jember.

Bagi semua Mahasiswa yang merasa dirinya memang Mahasiswa, tunjukkan bahwa kau layak mendapat gelar itu...

Segera ambil tindakan, maksimalkan waktu yang ada, semua orang menantimu...

Sukses SG, Sukses KAMMI, dan Sukses Jember...

Salam Mahasiswa....!!!!

Salam Muslim Negarawan...!!!



By: R.P.R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar