Jumat, 02 Maret 2012

Gembira Bersama KAMMI



Semua berawal dari CINTA. Kali ini KAMMI Komsat Unej mencoba berbagi kebahagiaan dengan adik2 binaanya, dari sudut kecil pinggiran kampus Unej di Jl Jawa VII.
Setiap hari minggu pagi pkl. 09.00 WIB semua kader KAMMI komisariat UJ umumnya dan kader soshumas khususnya, selalu mengadakan kegiatan bersama dengan adik-adik binaan di mushala Jawa VII. Kegiatannya selalu berbeda-beda. Mulai dari kegiatan yang bersifat menambah pengetahuan seperti ngajar, ngelesi dan mengaji, hingga kegiatan yang bersifat menyenangkan untuk menumbuhkan semangat seperti, bermain bola, volley, gobak sodor, petak umpet, dan masih banyak kegiatan yang lainnya. Fungsi dari semua kegiatan ini tentunya sebagai sarana penambah wawasan dan ilmu pengetahuan, sarana penumbuh semangat dan juga sarana pembiasaan hal-hal baik.
Minggu ini, 26 Februari 2012, adik-adik akan melakukan kegiatan yang menumbuhkan semangat dan tentunya membuat mereka senang. Apakah itu ?/! Ya, tepat sekali. Rujak party dan juga olahraga. Adik-adik sangat bersemangat sekali mengikuti kegiatan ini. Mengapa begitu ?! Fakta membuktikan bahwa, ketika mereka harus belajar, pada jadwal mereka harus datang pkl. 09.00 WIB, tapi pada kenyataannya mereka sering datang pkl. 10.00 WIB.
Hari ini, dijadwalkan mereka akan bermain-main pkl. 08.00 WIB. Tetapi pkl. 07.30 WIB mereka sudah datang. Memang dasar sifat anak-anak suka dengan hal-hal yang lebih banyak membuat mereka untuk bertindak daripada belajar atau mendengarkan.
Pkl. 08.00 WIB adik-adik sudah berkumpul di lapangan UJ yang*terletak di belakang mushala yang biasanya digunakan untuk belajar. Mereka dipandu oleh akhi Toriq sebagai ketua dari soshumas dan juga ukhti Alya. Waktu itu belum banyak pengurus bahkan anggota dari soshumas sendiri yang datang untuk membantu.

Kurang lebih ada duapuluh delapan anak yang ikut. Laki-laki dan perempuan jumlahnya hampir seimbang. Tema kegiatannya adalah belajar sambil bermain. Konsepnya, pertama untuk anak laki-laki bermain bola sedangkan perempuan membuat rujak. Ketika keduanya sudah selesai, maka akan diadakan lomba lari, balap kelereng dan juga yel-yel.

Anak laki-laki tampak benar-benar senang. Mereka dibagi menjadi dua regu dan saling berlomba-lomba untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya. Walaupun bermain di jalan raya, mereka tampak*bersemangat sekali. Lari kesana-kemari mengejar bola. Saking semangatnya, baru beberapa menit bermain mereka sudah merasa gerah dan berkeringat. Hal ini membuat beberapa orang dari mereka sampai membuka baju.





Disisi yang lain, tampak anak-anak perempuan duduk berkumpul di atas karpet. Disekelilingnya, banyak buah belimbing, pepaya, mentimun dan juga nanas. Semuanya benar-benar terlihat sibuk.

Wah...ternyata pengurus juga tidak mau kalah sibuk dengan adik -adiknya.



Semuanya bekerjasama saling membantu. Ada yang mengulek kacang, mengupas, dan juga memotong buah. Semuanya benar-benar telihat asyik dengan kegiatannya masing-masing.

Waktu beranjak semakin siang. Ketika anak-anak perempuan selesai dengan pembuatan rujaknya serta anak laki-laki relesai dengan bermain bolanya, akh Agus dan akh Toriq datang dan meminta mereka untuk berkumpul.

Mereka diberi instruksi untuk melaksanakan lomba lari, balap kelereng serta penyampaian pesan atau yel-yel islami.
Walaupun badan terasa sudah lengket, perut lapar dan tidak sabar ingin segera memakan rujak, anak-anak berusaha keras untuk mengikuti lomba.

“Ayo Intan..., Dina... SEMANGAT...!!!”

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba juga. Jika ketika bermain semangat mereka semangat 45, kini ketika makan rujak semangat mereka menjadi semangat 2012.
“Rujak...
rujak...


gratis...!!!”


Acara penutup diisi dengan pemotongan kue oleh akh Agus dibantu akh Emu, sekaligus juga langsung dibagikan kepada adik-adik.

Kue dibuat dengan penuh cinta,
dipersembahkan untuk adik-adik tercinta.

Ada juga pembagian hadiah buat pemenang lomba,

Dan kegiatan paling akhir dari yang terakhir adalah...

Beres...
Beres...!!!


“Dan ingatlah, sesungguhnya kerapihan itu adalah sebagian dari keindahan...”
Semangat akhi wa ukhti...yakinlah, pahala Allah selalu siap buat kita...

“Tiada hari yang paling indah, selain hari ketika bisa melihat senyum tulus yang keluar dari lubuk hati paling dalam. Tiada waktu yang baik selain waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain...”

Salam Semangat, ALLAHU AKBAR...!!!



Oleh: Rinpaka

1 komentar: